Rabu, 05 Februari 2014

MEMBUAT APLIKASI BERJALAN SAAT KOMPUTER HIDUP (STARTUP)


Hal ini berfungsi agar kita tidak perlu repot-repot lagi membuka aplikasi, karena pada saat PC kita hidupkan maka aplikasi akan berjalan secara otomatis. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat aplikasi yang kita inginkan berjalan pada saat PC kita hidupkan, oke tanpa panjang lebar kita langsung ke TKP!
>>Cara Pertama<<
Untuk cara yang pertama cukup simple dan mudah, yakni pertama klik "Start" >> "All Programs" >> Klik kanan pada "Startup" dan pilih "Open" maka akan terbuka folder Startup.
Kemudian copy atau pindah aplikasi yang akan dijalankan otomatis saat PC hidup ke dalam folder tersebut, disini saya ambil contoh Aplikasi XAMPP.
Maka cara pertama telah selesai, untuk mengujinya silahkan restart PC anda, maka aplikasi akan berjalan saat PC startup. ^_^
>>Cara Kedua<<
Untuk cara kedua ini kita akan menggunakan Registri pada Windows, biasanya hal ini dipakai pada virus maupun keyloger untuk secara otomatis aktif ketika PC startup. Oke, pertama tekan tombol 
" + R " pada keyboard anda, maka akan muncul tool "Run" pada kolom ketikkan "regedit" dan klik "OK" maka kita akan dibawa ke interface Registry.
Kemudian cari key berikut :
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
Jika telah ketemu maka klik kanan pada halaman kosong, pilih "New" >> "String Value". Lebih jelasnya silahkan lihat gambar ini
Jangan lupa untuk memberi nama pada String tadi dengan nama aplikasi yang akan anda buka pada saat Startup. Misal disini saya menggunakan xampp, double klik String yang kita but tadi kemudian isi Value data dengan alamat dari aplikasi anda, disini saya isi sebagai berikut :
C:\xampp\xampp-control.exe
kemudian klik "OK"
Maka selesai sudah cara kedua ini, untuk melakukan menguji apakah berhasil atau tidak coba Restart PC anda dan lihat hasilnya. :)
Demikian sharing dari saya, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya. ^_^

4 komentar:

  1. Biar ga ada pemberitahuan nya gimana? (ga tau klo app nya run) ?? aputu4344@gmail.com

    BalasHapus
  2. itu tergantung aplikasinya bro, kalau settingan aplikasinya dibikin hiden (virus misalnya) maka aplikasi akan terhiden..

    BalasHapus
  3. kalau aplikasi nya misalnya Wamp gitu gimana gan ?

    BalasHapus
  4. cara ke 2 tdk berhasil.sudah ngikutin tutorialnya, sudah di coba 3x tdk bisa. yg berhasil cara 1. lebih simple tutorialnya.

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com